Disebutkan pada persyaratan pengusulan RISPRO Kolaborasi Internasional (Rispro-KI) bahwa lembaga mitra luar negeri harus sudah memiliki kerjasama dengan lembaga nasional yang dibuktikan dengan MoU atau perjanjian kerjasama atau dokumen serupa. Apakah hal ini berarti MoU harus ada terlebih dahulu? Bagaimana jika hanya tersedia dokumen korenspondensi atau unconditional agreement, dengan catatan, MoU atau PKS baru akan dibuat setelah mendapat pendanaan RISPRO-KI?

Untuk bukti kerjasama bisa dengan LOI (Letter of Intent) atau LOA dari partner/institusi luar.

Mohon klasifikasi untuk persyaratan Rispro Kebijakan atau Tata Kelola poin 10 : RISPRO yang diusulkan harus memiliki dokumen publikasi ilmiah internasional bereputasi atau nasional terakreditasi yang relevan dari Pengusul RISPRO. Apakah Jurnal ini maksudnya sama persis dengan usulan RISPRO?

Publikasi yang diunggah adalah publikasi yang sudah dimiliki sebelumnya oleh tim periset yang berkaitan dengan riset yang diusulkan, sehingga terlihat bahwa riset yang diusulkan sudah memiliki rekam jejak sebelumnya (sudah ada riset pendahuluan), sehingga benar bahwa riset telah mencapai TKT 5.